Menu Tutup

Kapan 1 Ramadhan 1441H dalam Kalender Masehi

1 ramadhan 1441H jatuh pada tanggal 24 April 2020
Advertisement

Bulan Ramadhan adalah bulan yang amat penting bagi umat muslim. Bulan ini diyakini memberikan berbagai manfaat dan jutaan ampunan bagi umat islam. Pada bulan ini pula syetan dikurung agar umat islam bisa lebih khusyuk beribadah.

1 Ramadhan 1441 Hijriyah

Di dalam kalender masehi atau kalender nasional, tanggal 1 bulan Ramadhan jatuh di hari Jumat Kliwon, 24 April 2020. Pada hari jumat tanggal 24 april tersebut, umat islam sudah mulai melaksanakan puasa wajib Ramadhan. Ya, puasa di bulan Ramadhan hukumnya wajib. Namun ada syarat wajib puasa bagi umat muslim agar puasanya sah. Terdapat lima syarat sah puasa, klik tautan ini untuk mengetahui kelima syarat tersebut.

Setelah mengetahui kelima syarat tersebut, kita pastikan bahwa kita telah memenuhi syaratnya agar ibadah puasa kita tidak sia-sia.

Bulan penuh berkah

Bulan Ramadhan adalah bulan puasa yang penuh berkah. Keberkahan bulan puasa hanya bisa dirasakan sekali dalam setahun. Bahkan, malam seribu bulan (lailatul qadar) yaitu malam yang penuh dengan kemuliaan. Malam lailatul qadar diperingati sebagai malam dimana Al-Quran diturunkan.

Keberkahan di bulan Ramadhan.

Banyak berdoa dan membaca Al-Quran

Perbanyak berdoa di bulan Ramadhan karena di bulan Ramadhan amal ibadah kita dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Shalat Tarawih

Shalat tarawih adalah shalat sunnah yang hanya hadir dibulan Ramadhan. Sabda Rasulullah SAW bunyinua “Barang siapa yang menghidupkan malam bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.

Sedekah

 “Sebaik-baiknya bersedekah ialah bersedekah di bulan Ramadhan”, Sabda Rasulullah SAW (HR. Tirmidzi). Bersedekah tidak akan menjadikan kita miskin. Namun sebaliknya itu adalah amalan yang sangat mulia bagi kita semua. Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia, untuk itulah kita sebisa mungkin menyisihkan sebagian harta untuk bersedekah.

Malam seribu bulan

Malam lailatul qadar atau malam seribu bulan adalah malam yang istimewa di bulan Ramadhan. Di malam ini Al-Quran diturunkan ke bumi. Dan pada malam ini menurut Al-Quran adalah malam yang lebih baik daripada seribu bulan.

Tidak ada yang tau persisnya malam ke-berapa di bulan Ramadhan yang menjadi malam lailatul qadar. Namun Rasulullah SAW bersabda, ”Carilah malam lailatul qadar di (malam ganjil) dalam 10 hari terakhir bulan Ramadhan” (HR. Bukhari 4/225 & muslim 1169).

Kesimpulan

Bulan Ramadhan atau bulan puasa jatuh pada tanggal 24 April 2020. Tanggal 1 ramadhan adalah hari Jumat kliwon.

Bulan Ramadhan memiliki banyak keberkahan. Oleh karena itu, tingkatkan ibadah wajib dan sunnah kita agar mendapatkan berjuta keberkahan di bulan ini.

Catatan: Hari pertama bulan puasa bisa saja maju atau mundur dari kalender nasional. Itu dikarenakan perbedaan dasar metode perhitungan. NU menggunakan metode rukyatul hilal, sedangkan Muhammadiyah menggunakan hisab rukyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.