Menu Tutup

Cara Mudah Backup Aplikasi Android menjadi APK

Backup aplikasi andoid jadi APK
Advertisement

Membackup aplikasi di android sebenarnya mudah dilakukan. Namun, banyak pengguna android yang masih belum tahu caranya. Oleh karena itu di tutorial singkat ini akan Prabu bagikan bagaimana caranya membuat aplikasi yang terinstall di ponsel kita menjadi file APK.

Terkadang untuk beberapa alasan kita memerlukan file apk yang bisa diintall tanpa perlu download di playstore. Menginstall file apk juga bisa hemat kuota internet karena menginstallnya secara offline.

Contohnya adalah Ketika kalian suka gonta-ganti rom maka diperlukan penghapusan data. sayang banget kan kalo harus download ulang aplikasi yang sudah terinstall. Maka membackup aplikasi menjadi APK cukup penting bagi pengguna android.

Contoh lain misalnya file apk ini bisa di kirim ke perangkat android lain, misal milik teman. Jadi teman kalian tak perlu buang kuota untuk menginstall aplikasi yang sama dengan kalian, kan nginstallnya offline.

Cara Backup Aplikasi menjadi APK.

Pertama, kalian perlu aplikasi yang bernama AppBackup. Download aplikasinya di Playstore.

Kedua, buka aplikasinya.

Disana kalian lihat ada 2 tab yaitu TERPASANG dan DIARSIPKAN. TERPASANG artinya aplikasi yang terpasang di ponsel kalian, sedangkan DIARSIPKAN adalah aplikasi yang kalian backup menjadi APK tadi.

Ketiga, Pilih aplikasi yang mau dibackup.

Pilih aplikasi untuk kalian backup. Pada contoh ini kita pilih aplikasi WhatsApp yang akan dibackup. Kemudian akan muncul beberapa pilihan. Pilih “cadangkan file penginstallan” dan tunggu sampai ada pesan “Diarsipkan”.

Keempat, Lokasi backup

Kalian bisa lihat cek langsung aplikasi yang sudah dibackup di tab DIARSIPKAN. Selain itu, lokasi folder file APK tadi adalah di Internal/ibu/backup.

Selesai.

Manfaat Membackup Aplikasi jadi APK

Membuat aplikasi tadi menjadi sebuah file apk bukanlah hal yang sia-sia. Kalian bisa menggunakan file cadangan tadi untuk berbagai keperluan, misalnya:

  • Mengirim File APK ke teman lewat WA, Telegram, atau yang lainnya;
  • Disimpan di penyimpanan eksternal sebagai file apk backupan;
  • Share aplikasi di media lain, dan lain sebagainya.

Cara Backup Aplikasi Android beserta Datanya

Membackup aplikasi menjadi apk memang cukup membantu, selain hemat kuota bisa diinstall secara offline. Sayangnya, file yang dicadangkan adalah aplikasinya saja tidak sekalian dengan data yang ada. Jadi misal kalian ingin membackup game yang membutuhkan data tambahan, maka kalian perlu mendownload data lagi menggunakan kuota

Namun, ada juga cara membackup aplikasi terinstall beserta datanya. Simak artikel berikut tentang Cara Membackup Aplikasi + Data di Android.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.