Categories: Digital Marketing
| On 3 minggu ago

Cara Riset Keyword Supaya Pageone di Google

Menulis artikel tidak boleh asal tetapi harus memperhatikan potensi dan banyaknya trafik. Untuk itu anda perlu riset keyword sebelum membuat artikel agar anda tidak kesusahan bersaing di halaman utama atau pageone.

Menulis artikel tidak boleh asal tetapi harus memperhatikan potensi dan banyaknya trafik. Untuk itu anda perlu riset keyword sebelum membuat artikel agar anda tidak kesusahan bersaing di halaman utama atau pageone.

Kali ini b-uncut akan membagikan cara riset keyword supaya pageone di google agar anda bisa belajar dan mempraktekannya langsung.

Cara Riset Keyword Supaya Pageone di Google

Apa itu Riset Keyword?

Riset keyword atau kata kunci merupakan proses menentukan pokok bahasan atau kata kunci yang digunakan dalam pembuatan artikel di dalam sebuah blog. Dengan adanya kata kunci anda akan lebih mudah dalam membuat artikel karena anda dapat mencari referensi menggunakan kata kunci yang sama dengan anda.

Tanpa adanya keyword artikel anda akan membahas semua topik tanpa mengkrucut, sehingga pembaca akan kesusahan memahami isi artikel yang telah anda buat.

Perlu anda ketahui keyword tergolong menjadi dua bagian, yaitu: short tail keyword dan long tail keyword. Seperti namanya, anda bisa memilih kata kunci pendek atau panjang. Biasanya semakin pendek kata kunci, maka persaingan akan semakin sulit karena kompetitor banyak yang membuat.

Seberapa Penting Keyword?

Dengan reset keyword anda dapat mengetahui kata kunci mana yang bersaing atau potensial sehingga artikel kita masuk ke pageone dan tentunya kita mengetahui perkiraan jumlah pengunjung pada kata kunci ini setiap bulannya.

Jika anda tidak riset keyword maka anda tidak mengetahui tingkat kesulitan masuk pageone dan jumlah pencarian setiap bulannya. Sehingga artikel yang anda buat sepi pengunjung dan kecil juga CPC yang anda dapatkan.

Hal Penting yang Harus Anda Perhatikan Saat Riset Keyword

Keyword Difficulty

Keyword Difficulty adalah tingkat kesulitan sebuah keyword dalam memperoleh posisi halaman google. Semakin tinggi difficulty maka semakin sulit artikel anda masuk pageone. Sebaliknya, semakin kecil difficulty maka semakin besar kemungkinan anda masuk pageone. Kisaran angka difficulty adalah 1-100.

Volume Pencarian

Volume pencarian adalah banyaknya orang mencari keyword tersebut setiap bulannya. Semakin banyak orang mencari keyword tersebut, maka semakin besar juga pengunjung mengklik artikel anda.

Keyword Suggestion

Keyword suggestion adalah long tail keyword atau kata kunci turunan dari keyword utama yang anda cari. Jika keyword utama yang anda cari memiliki persaingan yang tinggi, maka solusi yang anda gunakan adalah menggunakan kata kunci turunan ini agar artikel anda dapat bersaing dengan kompetitor anda.

Tools Ajaib Untuk Riset Keyword

Ubersuggest

Ubersuggest adalah tool powerfull dalam riset keyword dan sering digunakan digital marketer. Tools ini dapat anda gunakan secara gratis dan mudah dalam penggunaannya.

Ubersuggest ini memberikan informasi mengenai volume pencarian, keyword difficulty, dan keyword suggestion.

H-Supertools

H-Supertools memiliki banyak varian dalam riset keyword. Fasilitas yang diberikan adalah riset keyword artikel blog atau website, riset keyword youtube, tag generator instagram, dan tentunya masih banyak lagi tools yang mendukung anda dalam digital marketing.

Penggunaan tools ini sangat mudah karena anda hanya perlu memasukan keyword utama ke keyword research tools. Otomatis tool akan mencari data tentang keyword tersebut.

Google Related Search

Google Related Search adalah rekomendasi keyword dari google yang sering muncul saat anda mengetik keyword utama. Keyword yang disarankan berupa long tail keyword yang diperkirakan merupakan kata kunci terbanyak yang sering dicari.

Kelemahannya adalah informasi yang diberikan hanya keyword suggestion, sehingga anda tidak mengetahui jumlah volume dan tingkat kesulitan keyword yang akan anda gunakan.

Tips dalam Riset Keyword

Anda tidak perlu pusing-pusing, karena dengan menggunakan salah satu tools di atas anda dapat menentukan keyword yang sesuai.

Yang paling penting adalah cari keyword long tail dulu yang memiliki persaingan kecil dan pencarian yang lumayan besar. Kuasai semua keyword long tail tersebut baru anda buat artikel dengan keyword utama atau short tail keyword. Minimal anda menulis keyword anda pada artikel 6-10x agar terindek sebagai kata kunci.

Simpulan

Cara Riset Keyword Supaya Pageone di Google sangatlah mudah karena tools gratis banyak yang memberikan fitur yang cukup untuk kita gunakan. Karena menurut saya yang paling penting adalah tingkat kesulitan dan volume pencarian sebuah keyword.

Jika anda sudah terbiasa menulis, maka anda akan mudah supaya pageone di google karena anda hanya perlu mencari keyword yang rendah persaingan tetapi volume pencarian masih ada.

Semoga bermanfaat

This website uses cookies.

Read More