Menu Tutup

Berkah dan Keistimewaan Puasa pada bulan Rajab 1441 H

puasa rajab 1441 H

Prabu Blog – Berdasarkan kalender hijriyah 1441, bulan Rajab masuk pada hari selasa 25 Februari 2020. Bulan Rajab dalam kalender Jawa disebut juga sasi Rejeb.

Bulan Rajab/Rejeb termasuk bulan suci bagi umat islam. Oleh sebab itu banyak amalan yang bisa dilakukan sebagai umat muslim untuk meraih keberkahan di bulan Haram (suci) ini.

Sebagaimana mestinya umat muslim, yakni memperbanyak membaca istigfar. Dengan demikian kita memohon ampun atas segala dosa-dosa yang pernah kita perbuat.

Selain itu kita diberi kesempatan untuk berdoa sebaik-baiknya.

Doa ketika masuk bulan rajab: Allohumma baarik lanaa fii rojaba wa sya’banaa wa ballighnaa romadhona. Artinya: Ya Allah berilah kami keberkahan di bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikan kami pada bulan Romadhan.

Selain kedua amalan diatas, kita juga bisa berpuasa sunnah di bulan rajab. Hadist riwayat Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ahmad mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda “Puasalah pada bulan-bulan haram (suci)”.

Berpuasa memang memiliki banyak manfaat. Puasa sehari pada bulan rajab sama dengan berpuasa selama sebulan, sedangkan puasa 7 hari di bulan rajab akan ditutupkan pintu neraka Jahannam baginya. Sedangkan berpuasa 8 hari di bulan rajab akan membuka untuknya delapan pintu syurga. Yang terakhir berpuasa 10 hari di bulan rajab akan dikabulkan permintaannya oleh Allah SWT. Sabda Rasulullah SAW hadist riwayat At-Thabrani.

Niat melaksanakan puasa rajab:

Nawaitu shouma ghodin fii syahri rajabi sunnatan lillaahi ta’aalaa.

Saya niat puasa sunnah esok hari di bulan rajab karena Allah Ta’ala.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *