Menu Tutup

Apa Saja Manfaat Puasa Ramadhan selain Menahan Lapar dan Haus?

manfaat berpuasa selain menahan lapar dan haus
Advertisement

Puasa merupakan salah satu ibadah bagi umat islam. Melaksanakan puasa berarti menahan lapar dan haus dari mulai sebelum terbit matahari hingga petang (sebelum subuh sampai maghrib).

Dalam islam, kita memiliki 2 jenis puasa; yakni puasa wajib dan puasa sunnah. Puasa wajib bagi umat islam adalah puasa Ramadhan. Ini juga termasuk di dalam rukun islam, rukun islam ke-4: “berpuasa di bulan Ramadhan”.

Selain puasa Ramadhan ada pula puasa nazar, artinya jika seseorang bernazar akan berpuasa ketika keinginannya atau apapun yang dinazarkan tercapai ia wajib berpuasa. Kemudian ada pula puasa Kirafat, jika kita tidak melaksanakan puasa Ramadhan maka kita wajib menggantinya di lain hari- ini disebut puasa kirafat.

Sedangkan apa saja puasa sunnah bagi orang islam?

Puasa sunnah terdiri dari puasa rajab, puasa syawal, puasa arafah, puasa tarwiyah, puasa senin kamis, puasa daud, puasa asyura, puasa ayyamul bidh, dan puasa sya’ban / nifsu sya’ban.

5 manfaat puasa selain menahan lapar dan haus

Selain menahan lapar dan haus, puasa juga memiliki banyak manfaat untuk orang yang melaksanakannya. Banyak kebaikan yang dihadirkan dari berpuasa. Kita sebagai umat islam harus tahu apa saja manfaat berpuasa baik wajib maupun sunnah agar kita mendapatkan berkah dari ibadah yang kita lakukan. Berikut adalah manfaat-manfaat lain atas ibadah puasa:

Meninggikan derajat seorang muslim

Sebagai umat muslim kita tak asing dengan istilah puasa. Puasa dapat meninggikan derajat manusia di hadapan sang Pencipta. Pada akhirnya kita semua akan kembali kepada-Nya. Tentulah hal ini sangat penting untuk kita di kehidupan lainnya.

Hadist dari Rasulullah ﷺ yang diriwayatkan Imam muslim: “Ketika Ramadhan tiba, dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu-pintu neraka dan setanpun dibelenggu”.

Penghapus dosa

“Barang siapa yang puasa Ramadhan karena iman & berharap pahala maka diampuni dosadosanya yang telah berlalu”. (HR Imam Bukhari dan Muslim).

Penangkal Syahwat

Imam Ghazali mengatakan yang paling besar dari apa yang ada di dunia ini adalah nafsu/syahwat. Betapa besarnya syahwat manusia di dalam dunia yang fana ini.

Hadist Rasulullah ﷺ mengatakan “Wahai para pemuda, barangsiapa yang mampu untuk menikah, maka menikahlah. Sesungguhnya menikah lebih bisa menundukan pandangan dan lebih mudah menjaga kemaluan. Barangsiapa yang belum mampu menikah, maka berpuasalah, sesungguhnya puasa itu adalah penekan syahwatnya.” (HR Imam Ahmad dan Bukhari)

Penyempurna ketaatan seorang muslim

Berpuasa menjadikan seorang muslim mengingat kelaparan dan hausnya ahli neraka. Dengan berpuasa menjadikan seorang muslim lebih meningkatkan ketaatannya kepada ﷲ supaya dijauhkan dari siksaan api neraka.

Menjadikan semakin bersyukur

Manusia acap kali lupa dengan berbagai nikmat yang telah Allah SWT limpahkan kepadanya. Bahkan hal paling sederhana dari apa yang Allah SWT berikan kepada kita seperti hidup, masih bisa bernafas menghirup udara segar, dan masih bisa makan dan minum- sering kali kita lupa untuk mensyukurinya.

Dengan melakukan ibadah puasa, seorang mukmin sadar akan nikmat Allah kepadanya yang berupa tidak lapar dan dahaga. Kemudian ia bersyukur atas itu.

Penutup

Dengan berpuasa seorang muslim sedang melakukan ibadah yang lebih besar selain menahan lapar dan haus. Seorang muslim sedang memperbaiki diri dan meningkatkan derajatnya dihadapan Allah. Selain itu ia beruasa untuk menjadi muslim yang taat atas perintah dan larangan-Nya. Juga ia berupaya untuk mengendalikan syahwatnya. Serta banyak lagi manfaat dari berpuasa bagi orang muslim.

Semoga tulisan ini bisa membantu pemahaman anda atas betapa banyaknya manfaat seseorang yang sedang melaksanakan ibadah puasa.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.