Categories: Keuangan

Kartu ATM BRI Kadaluwarsa, Apa yang Harus Dilakukan?

By radjaku14

Apakah kamu tau kalau kartu ATM itu ada masa aktifnya? Jika tidak, maka disini akan Prabu berikan informasi tentang masa aktif kartu ATM dan apa yang harus kamu lakukan apabila kartu ATM kalian sudah habis masa aktifnya agar transaksi keuangan kamu tetap aman.

Semua kartu ATM memiliki masa aktif sendiri, tidak hanya kartu ATM BRI saja. Kartu ATM BCA, BNI, Mandiri, dll; mereka semua memiliki masa aktif. Selain itu, hal ini juga cukup penting untuk kamu ketahui agar kamu tidak kaget ketika ATM tiba-tiba tidak berfungsi.

Cek masa aktif kartu ATM

Kamu bisa dengan mudah mengetahui sampai kapan masa aktif kartu ATM, yaitu dengan cara mengecek langsung di kartu ATM milik kamu. Di kartu ATM, ada tulisan Valid THRU; artinya aktif sampai. Disamping tulisan itu ada bulan dan tahun masa aktifnya. Misalnya di kartu ATM bertuliskan 11/23, artinya masa aktif kartu ATM kamu sampai bulan 11 (November) tahun 2023.

Cara mengecek masa aktif kartu ATM semua bank sama, yaitu dengan mengecek baris bulan dan tahun pada kartu ATM. Cukup mudah bukan?

Apabila Kartu ATM BRI Kadaluwarsa

Saat kartu ATM BRI sudah habis masa aktifnya atau kadaluwarsa, maka kamu tidak bisa melakukan hal-hal berikut ini lewat mesin ATM:

  • Cek saldo;
  • Transfer;
  • Tarik uang;
  • Melakukan Pembayaran;
  • Melakukan pembelian.

Perlu diingat, yang tidak bisa digunakan hanyalah Kartu ATM-nya. Jadi, saldo di rekening kamu tetap aman dan utuh. Selain itu, apabila ada transfer masuk ke rekening kamu bisa dipastikan uang-nya masuk.

Lagipula, apabila kamu sudah mengaktifkan SMS Banking/ Internet Banking BRI, kamu bisa mengecek saldo, melakukan transfer, pembayaran, pembelian langsung lewat sana. Apabila belum aktif, kamu bisa mengikuti cara ini untuk Mengaktifkan Internet Banking BRI (BRImo)

.

Cara mengaktifkan kembali kartu ATM BRI Kadaluwarsa

Kartu ATM BRI yang sudah kadaluwarsa harus diganti dengan kartu baru. Untuk mengaktifkan kembali kartu kamu yang sudah kadaluwarsa, ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan.

Kamu Pastikan dulu bahwa Kartu ATM kamu sudah kadaluwarsa. Kamu lihat di kartu ATM BRI kamu bahwa bulan dan tahunnya memang sudah lewat, atau kamu coba langsung di mesin ATM. Masukkan kartu atm kamu ke mesin ATM, maka akan ada tulisan Kartu Anda Telah Kadaluwarsa.

Jika ada pesan di mesin ATM seperti itu, yang harus kamu lakukan adalah mengikuti langkah-langkah ini:

Pertama Datang ke Kantor BRI terdekat dengan membawa KTP, Buku Tabungan, dan Kartu ATM yang sudah kadaluwarsa tadi. Jangan lupa juga membawa beberapa uang untuk berjaga-jaga apabila nantinya diperlukan melakukan pembayaran administrasi.

Ambil nomor antrian bagian CS (customer service) dan tunggu sampai nomor kamu dipanggil.

Sampaikan kepada pegawai atau customer service-nya kalau kartu ATM BRI kamu telah kadaluwarsa, sambil menyerahkan Kartu ATM BRI kamu yang sudah kadaluwarsa tadi.

Ikuti arahan dari pegawai customer service BRI untuk langkah berikutnya.

Kesimpulan

Masa aktif kartu ATM BRI bisa dilihat dari kartu secara langsung. Apabila kartu ATM sudah kadaluwarsa, anda tidak bisa menggunakannya lagi untuk bertransaksi di mesin ATM ataupun mesin EDC (atm mini). Kartu ATM tersebut tidak mempengaruhi saldo yang ada ataupun uang yang masuk. Anda masih bisa melakukan cek saldo, transfer, melakukan pembelian ataupun pembayaran menggunakan internet Banking ataupun lewat teller bank BRI.

radjaku14
Tags: atm bri atm disabled atm kadaluwarsa kartu atm

This website uses cookies.