Menu Tutup

Niat Puasa Ramadhan Lengkap dengan Bacaan Arab dan Artinya

Niat puasa ramadhan dan artinya

Kalender hijriyah menunjukkan bahwa kita saat ini sudad memasuki bulan Rajab 1441 H. Atau dalam kalender jawa kita berada di bulan Rejeb. Ini artinya kita sudah dekat dengan bulan Ramadhan.

Apakah kalian masih memiliki hutang puasa di Ramadhan tahun lalu? Jika ada, kalian bisa membayarnya di bulan ini dengan cara melakukan puasa serta bisa juga mengqadha puasa Ramadhan.

Puasa Ramadhan pada tahun ini dimulai dari tanggal 24 April 2020 sampai dengan 23 Mei 2020. Namun perlu diingat penanggalan ini bisa berbeda 1 hari bergantung kepada keputusan dari Kementrian Agama Republik Indonesia.

Nah, berikut ini prabu lampirkan bacaan niat berpuasa Ramadhan dengan tulisan arab, cara baca, dan terjemahannya.

Daftar isi

Niat puasa Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ الشَّهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma ghodin ‘an adaai fardhis syahri romadhoona hadhihis sanati lillaahi ta’aala

Artinya: Ya Allah berkahilah untuk kami apa yang engkau karuniakan kepada kami dan peliharalah kami dari azab api neraka.

Yang perlu kamu tahu tentang niat berpuasa

Niat puasa Ramadhan baiknya dilakukan saat sedang sahur agar puasa menjadi sah. Dalam hal ini sebelum fajar datang kita sudah diharuskan untuk berniat puasa. Bahkan kita bisa berniat untuk berpuasa setelah tarawih. Di daerah pantura, setelah tarawih biasanya para Jemaah Bersama-sama membaca niat puasa.

Untuk puasa Ramadhan, dilakukan sebelum fajar datang.

Barang siapa yang tidak membulatkan niatnya untuk berpuasa sebelum fajar maka tidak sah puasanya”. (Hadist riwayat Abu Daudm An Nasa’i, Tirmidzi, dan Ahmad)

Doa buka puasa

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthortu

Artinya: Ya Allah, untukMu aku berpuasa & dengan rizkiMu aku berbuka.

Waktu yang tepat untuk membaca doa berbuka puasa sebetulnya setelah kita selesai makan dan minum. Tidak seperti doa lainnya yang dibaca saat kita hendak memulai melakukan sesuatu. Sedangkan saat hendak makan dan minum untuk berbuka puasa cukup dengan membaca basmallah.

Penutup

Berpuasa di bulan Ramadhan diwajibkan bagi seluruh umat islam yang sudah baligh dan berakal. Selain itu puasa juga merupakan salah satu rukun islam, yaitu rukun islam yang ketiga. Dari sini kita belajar berpuasa yang baik dengan mengawalinya dengan niat berpuasa Ramadhan dan ditutup dengan doa berbuka puasa.

Semoga tulisan ini memberikan anda manfaat untuk melaksanakan puasa dengan niat yang benar.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *