Categories: Puasa
| On 4 minggu ago

Niat Puasa Ramadhan Beserta Artinya | B-Uncut

Puasa wajib dan istimewa adalah puasa ramadhan. Puasa ramadhan dilakukan pada bulan ramadhan yang jumlah harinya antara 29/30 hari dalam puasa. Untuk sah tidaknya puasa bisa diawali dengan niat puasa ramadhan yang benar serta mempelajari artinya.

Puasa wajib dan istimewa adalah puasa ramadhan. Puasa ramadhan dilakukan pada bulan ramadhan yang jumlah harinya antara 29/30 hari dalam puasa. Untuk sah tidaknya puasa bisa diawali dengan niat puasa ramadhan yang benar serta mempelajari artinya.

Kali ini B-Uncut akan membagikan niat puasa ramadhan beserta artinya yang dapat anda pelajari dan terapkan dibulan ramadhan.

Niat Puasa Ramadhan dan Doa Buka Puasa Ramadhan

Lafadz Niat Puasa Ramadhan

Niat puasa ramadhan dalam madzhab syafi’i adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aala

Artinya: Aku niat puasa pada hari esok untuk melaksanakan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala

Dengan membaca niat di atas anda siap berpuasa ramadhan. Anda hanya perlu mempelajari syarat wajib puasa ramadhan agar puasanya lebih terjaga dari batal.

Lafadz Niat Buka Puasa Ramadhan

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

Allohumma laka shumtu wa ‘alaa rizqika afthortu

Artinya: Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka

Sanggup Menahan Haus dan Lapar, Serta yang Membatalkannya

Membaca niat dan memiliki keinginan melakukan puasa adalah suatu kewajiban agar puasanya benar-benar dikerjakan dengan senang hati tanpa adanya keberatan saat menjalankannya.

Pernah ada cerita dimana seseorang tidak mengetahui bulan itu bulan ramadhan sehingga dia makan dan minum, kemudian ada yang menegur dan bilang “ini bulan ramadhan, kenapa engkau tidak puasa?” kemudian dia mengetahui puasa tersebut, maka hendaklah dia menahan makan dan minum hari itu juga, dan sah puasanya.

Tapi itu cerita dulu, sekarang sudah serba digital dan canggih sehingga 1 bulan sebelum puasa sudah ada informasi akan datangnya bulan ramadhan, sehingga tidak mungkin anda tidak mengetahuinya.

Keutamaan Sahur sebelum Puasa Ramadhan

Sahurlah kalian semua. Sesungguhnya sahur itu mengandung keberkahan, HR Bukhari: 1923

Tahukah kalian? Sebenarnya sahur dianjurkan untuk umat islam yang sedang berpuasa agar dirinya siap dan lebih kuat dalam berpuasa. Oleh sebab itu, sahurlah sebelum berpuasa di waktu sepertiga malam terakhir hingga terbit fajar shodiq (subuh).

Simpulan

Dengan membaca Niat Puasa Ramadhan Beserta Artinya anda sudah memiliki kesiapan dalam berpuasa. Tinggal anda mematuhi aturan lainnya dan menghindari larangan-larangan yang dapat membatalkan puasa.
Semoga membantu, selamat bersiap dan melaksanakan puasa 🙂

This website uses cookies.

Read More