Menu Tutup

Perbedaan Kernel HMP dengan EAS – mana yang lebih bagus?

perbedaan kernel hmp dengan eas
Advertisement

Bagi kalian yang gemar gonta ganti kernel di system operasi android pastinya sangat sering mendengar istilah Kernel HMP dan juga kernel EAS.

Pada kesempatan ini prabu akan memberikan penjelasan tentang kedua jenis kernel tersebut dan juga keunggulan masing-masing kernel.

Oleh karena itu mari kita mulai dengan penjelasan tentang kernel itu sendiri.

Apa itu kernel pada ponsel android?

Secara sederhana, kernel merupakan jembatan pengubung yang menjembatani antara hardware dengan software atau di ponsel, pada hal ini kita khususkan ponsel android. Jadi apabila kalian pernah mengalami masalah seperti wifi yang tidak berfungsi, atau kamera yang tidak dapat diakses kemungkinan besar masalahnya dari kernel yang kalian flash.

Secara lebih ilmiah, kernel didefinisikan sebagai perangkat lunak (software) utama pada system operasi yang memiliki peran untuk mengoperasikan hardware dari berbagai aplikasi. Misalnya saat kita menggunankan aplikasi kamera, disaat itu kernel memerintahkan si kamera ponsel menyala.

Baca juga: Kumpulan kernel HMP dan EAS untuk Redmi Note 7

Perbedaan kernel HMP dan EAS pada android

Kernel HMP

HMP kepanjangan dari Heterogeneous Multi-Processing. Kernel HMP memiliki standar kerja untuk penjadwalan setiap arsitektur big.LITTLE. Kernel jenis ini memproses pembagian tugas untuk prosesor. Yang mana proses ringan akan disalurkan ke core kecil dan proses berat yang akan disalurkan ke core besar.

Kernel HMP tidak memprediksi task yang kemungkinan terjadi. Itulah kenapa kernel HMP tidak bisa se-smooth kernel EAS.

Advertisement

Kernel EAS

EAS (Energy Aware Scheduling) bekerja dengan cara menyatukan kontrol daya CPU di bawah kernel Linux. EAS memperluas penjadwal kernel Linux untuk membuatnya sepenuhnya sadar atau active akan kemampuan daya / kinerja CPU dalam system. Untuk mengoptimalkan konsumsi energi untuk SoC multi-core canggih termasuk big.LITTLE. Dengan EAS, kernel Linux akan menggunakan beban tugas dan CPU ‘Energy Model’ untuk mengontrol penempatan tugas untuk memilih CPU yang optimal untuk dijalankan.

Kesimpulan

Kernel HMP lebih cocok digunakan apabila kalian menggunakan ponsel kalian untuk bermain game berat karena performa pemrosesan oleh prosessor lebih maksimal. Sementara Kernel EAS lebih irit baterai dan lebih halus dalam menjalankan multitasking.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.