Menu Tutup

SCRCPY: Screen Mirror Android Terbaik Gratis

Mirroring android ke pc dengan scrcpy
Advertisement

Screen mirror android ke pc kadangkala dibutuhkan seseorang untuk berbagai keperluan. Screen mirror dari ponsel android ke pc artinya menampilkan tampilan layar yang ada di ponsel android ke dalam layar komputer.

Keperluan seseorang melakukan screen mirroring kadangkala bertujuan untuk misalnya merekam gameplay permainan android, bisa juga dilakukan untuk melakukan live streaming game mobile, dan bisa juga untuk memberikan tutorial di hp android.erw

SCRCPY merupakan aplikasi open source, artinya gratis.

Scrcpy adalah software open source yang dibuat oleh Genymobile. Software ini bisa dijalankan untuk berbagai OS seperti windows, Linux, dan MacOS.

Keunggulan dari software ini adalah dapat mengkonfigurasi secara leluasa seperti bitrate, resolusi, kontrol ponsel langsung dari komputer, dan yang lainnya.

Fitur-fitur diatas pastinya adalah fitur premium di software sejenis lainnya yang artinya kalian harus membayar atau berlangganan agar bisa mendapatkan akses ke fitur tersebut.

Misalnya software vysor. Software ini ada versi gratis dan ada versi premiumnya. Jika menggunakan versi gratis maka resolusi tampilan dan bitrate video dibatasi. Artinya kualitas layar ponsel di komputer menjadi rendah. Agar dapat mirroring ponsel dengan resolusi tinggi kita diminta untuk berlangganan fitur premium.

Fitur unggulan SCRCPY

Scrcpy memiliki fitur yang nyaris lengkap apabila dibandingkan dengan software sejenis lainnya. Namun keunggulan utama software ini karena dia menyediakan berbagai fitur secara gratis.

berikut adalah daftar fitur yang disediakan oleh scrcpy. Kalian juga bisa melihat fiturnya di cmd dengan mengetik scrcpy -h.

fitur scrcpy screen mirror android pc
fitur scrcpy screen mirror android pc

Mengatur bit-rate (kualitas video)

Bitrate adalah nilai kualitas video, semakin tinggi nilainya semakin bagus tampilan mirroringnya. Satuan yang digunakan adalah bit/s. bisa juga menggunakan satuan K (kali seribu) dan M (kali sejuta). Nilai standarnya adalah 8Mb/s (8000000). Command: scrcpy -b ‘nilai bitrate’ (tanpa petik).

Merekam layar android langsung

Scrcpy mendukung perintah merekam langsung tampilan android ke komputer. Caranya dengan mengetik command:  scrcpy -r namafile.mp4. ini akan merekam layar mulai dari pertama merekam sampai kalian stop aplikasi scrcpy. Hasil rekaman layar ini akan disimpan di dalam komputer. Jadi kita bisa hemat ruang penyimpanan di android kita deh.

Sambungan lewat kabel usb atau wifi

Mirroring android ke pc menggunakan aplikasi ini bisa dilakukan lewat usb ataupun wifi. Namun menggunakan wifi membuat tampilan layar sedikit mengalami delay dibandingkan menggunakan kabel usb yang nyaris tanpa delay. Jika kalian menggunakan usb pastikan kalian mengaktifkan usb debugging di developer mode.

Tapi apabila kalian ingin mengubungkan layar android menggunakan wifi caranya ikuti Langkah menyambungkan andoid ke pc menggunakan wifi hospot.

Sebenarnya banyak sekali fitur lainnya. Lihat gambar dibawah ini untuk melihat fitur lainnya dari scrcpy. Ketik command: scrcpy -h

Download Scrcpy untuk Windows

Kalian bisa mendownload scrcpy gratis untuk windows dibawah ini. Cukup pilih versi yang sesuai dengan PC kalian apakah 32bit atau 64bit.

scrcpy-32bit-v1.9.zip

scrcpy-64bit-v1.9.zip

Setelah selesai download silakan kalian ekstrak semua file nya jadikan dalam 1 folder. Misalnya kalian ekstrak semuanya di direktori D:\scrcpy

Cara mirroring andoid ke pc dengan scrcpy

Agar layar ponsel android kalian bisa mirroring ke pc kalian, Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan mengaktifkan usb debugging di android kalian. Lalu kalian sambungkan android kalian ke komputer.

Setelah itu buka folder tempat kalian mengekstrak file software scrcpy (tutorial rekomendasi diatasi di D:\scrcpy).

Di dalam folder tersebut kalian tekan tombol shift+klik kanan di area kosong lalu pilih open command window here.

cara screen mirror android ke windows dengan scrcpy
cara screen mirror android ke windows dengan scrcpy

Untuk mirroring kalian tinggal ketik di command: scrcpy lalu enter. Selesai.

Opsional:

Kalian bisa mengatur ukuran tampilan, resolusi, serta bitrate dengan menambahkan fungsi pada cmd. Ketik command: “scrcpy -help” untuk melihat command lainnya.

Kekurangan scrcpy

Dari sekian banyak fitur unggulan yang dimiliki scrcpy dibandingkan software sejenis lainnya. Aplikasi ini juga memiliki kekurangan.

Tidak mendukung audio internal

kekurangan di software ini salah satunya adalah tidak tersedianya internal audio dalam screen mirroring. Namun, ini terjadi hanya untuk windows. Karena sistem operasi lain seperti Linux bisa merouting audionya bersamaan dengan screen mirroring. Solusi mirroring layar ditambah audio adalah kalian bisa menggunakan mic dan merecord layar menggunakan software seperti OBS.

Tampilan interface masih CLI (command line interface)

Tampilan aplikasi scrcpy

Tampilan antarmuka aplikasi scrcpy masih menggunakan CLI. yaitu masih menggunakan CMD atau command line. Artinya untuk memasukkan perintah kita masih mengetik perintah.

Kekurangan diatas bisa ditutupi dengan berbagai fitur yang dihadirkan oleh aplikasi Scrcpy ini. Artinya kita tidak perlu risau akan kekurangannya karena kelebihan aplikasi ini lebih dari cukup unutk mirroring layar android ke PC Windows.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.