Menu Tutup

Niat Sholat Tahajud dan Manfaatnya yang Utama

niat, doa, dan keutamaan sholat tahajud

Sholat Tahajud adalah sholat sunnah dua rakaat di malam hari. Sholat tahajud memiliki niat sholat yang berbeda dengan sholat wajib lainnya.

Sholat tahajjud atau sholat malam berasal dari kata Sholatun Lail di Bahasa Arab. Mengerjakannya pun di malam hari. Lebih tepatnya di sepertiga malam yakni antara jam 1 malam hingga sebelum waktu sholat subuh.

Keutamaan sholat tahajud

Sholat tahajud memiliki keutamaan atau manfaat yang sangat besar. Oleh karena itu dianjurkan bagi umat muslim untuk melaksanakannya secara rutin dan terus menerus setiap sepertiga malam.

Di dalam Al-Quran Surat As-Sajadah ayat 16 sampai 17 dijelaskan anjuran sholat tahajud.

qs surat as-sajadah 16-17 tentang anjuran sholat tahajud
qs surat as-sajadah 16-17 tentang anjuran sholat tahajud

Artinya:

Ayat 16: “Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezeki yang Kami berikan

Ayat 17: “Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan

Ayat diatas menjelaskan anjuran bagi kita umat muslim untuk mengerjakan sholat tahajud agar mendapatkan berkah atas apa yang kita kerjakan.

Keutamaan sholat tahajud sangat besar. Allah SWT menjanjikan keindahan surga untuk seorang yang rajin melakukan tahajud terutama di waktu pukul 1 malam sampai sebelum subuh, yakni sepertiga malam. Maka setelah sholat tahajud berdoalah agar dijauhkan dari kita panasnya api neraka dan setelah itu lakukanlah sodaqoh atas sebagian harta kita.

Niat sholat tahajud

bacaan niat sholat tahajud
bacaan niat sholat tahajud

Artinya: “Aku berniat sholat tahajjud dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Taala”.

Hafalkan niat diatas karena ini penting sebelum kalian melaksanakan sholat tahajjud rutin setiap malam.

Setelah membaca niat tersebut lakukanlah shalat dua rakaat seperti sholat sunnah pada umumnya.

Waktu terbaik sholat tahajjud

Seperti yang sudah disinggung diatas, sholat tahajjud dilaksanakan di malam hari.

Malam hari untuk sholat tahajud dibagi menjadi 3 paruh waktu. Yakni sepertiga malam pertama, sepertiga malam kedua, dan sepertiga malam terakhir.

Maksudnya ialah ada pembagian waktu dalam sholat tahajjud. Namun kita dianjurkan untuk melakukan sholat tahajjud di sepertiga malam terakhir yaitu pada waktu antara jam setengah dua hingga sebelum subuh (1.30-04.00).

Alasan dianjurkannya melakukan sholat tahajud di sepertiga malam terakhir adalah waktu yang mustajabah untuk berdoa. Maka dari itu setelah sholat tahajjud upayakan untuk memanjatkan doa-doa terbaik untuk kalian kepada Allah SWT.

Namun setiga paruh waktu diatas semuanya memiliki manfaat besar. Jadi apabila belum bisa menjaga tidur di waktu sepertig malam terakhir tidak apa-apa. Yang terpenting niat kalian baik dan semoga di ijabah oleh Allah SWT.

Penutup

Jadi sholat tahajjud adalah sholat sunnah yang memiliki manfaat yang sangat besar. Keutamaan sholat ini adalah bertepatan dengan waktu mustajabah berdoa yakni di sepertiga malam terakhir. Terlepas dari itu semua semoga apa yang kita upayakan bisa dikabulkan oleh Allah SWT. Jadi semoga bisa rutin untuk melakukan solat tahajud.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *