Categories: Puasa
| On 4 minggu ago

5 Syarat wajib puasa Ramadhan yang Harus Dipenuhi

Bulan ramadhan memiliki banyak keistimewaan salah satunya puasa ramadhan. Puasa ramadhan merupakan rukun islam ke empat yang wajib dilaksanakan setiap muslim. Dengan berpuasa kita dilatih menahan nafsu, melatih kejujuran, dan tentunya menjaukan dari sifat riya'.

Bulan ramadhan memiliki banyak keistimewaan salah satunya puasa ramadhan. Puasa ramadhan merupakan rukun islam ke empat yang wajib dilaksanakan setiap muslim. Dengan berpuasa kita dilatih menahan nafsu, melatih kejujuran, dan tentunya menjaukan dari sifat riya’.

Kali ini b-uncut akan membagikan 5 syarat wajib puasa ramadhan yang harus dipenuhi setiap muslim agar anda dapat menjalankan puasa ramadhan dengan baik.

Apa itu syarat wajib puasa?

Puasa adalah menahan diri dari makan, minum, dan segala hal yang membatalkan puasa dari setelah matahari terbit sampai matahari terbenam.
Dengan melaksanakan puasa akan membuat dirinya merasa dalam pengawasan Allah SWT dan tentunya hidup lebih terarah.

Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 183 menjelaskan peruntah berpuasa, yang berbunyi:

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertaqwa

Beragama Islam

Beragama islam merupakan syarat wajib puasa yang pertama. Sah tidaknya puasa dinilai dari orang itu beragama islam, sedangkan puasa yang dilakukan oleh non-muslim hukumnya tidak sah.

Orang yang keluar dari agama islam (murtad atau orang kafir) jika berpuasa maka puasanya tidak sah.

Sedangkan orang yang masuk islam atau muallaf hukumnya sah jika berpuasa.

Menahan Diri dari yang Membatalkan Puasa

Berpuasa tentunya harus dapat menahan diri dari berbagai hal yang membatalkannya seperti menghindari makan, minum, muntah dengan sengaja, mengeluarkan mani, bahkan bersetubuh dengan pasangan.

Jika melanggar anda harus mengganti puasa tersebut setelah lebaran dan jika anda bersetubuh dengan pasangan anda harus membayar kifarat yaitu dengan memberi makan orang miskin atau berpuasa selama 2 bulan berturut-turut.

Suci dari Haid dan Nifas

Suci dari haid dan nifas perlu diperhatikan wanita karena setiap bulan pasti mengalami haid. Jika anda berpuasa saat haid maka puasanya tidak sah.

Untuk itu wanita yang sedang haid boleh meninggalkan puasa, tetapi wajib mengganti setelah bulan ramadhan.

Mumayyiz

Mumayyiz artinya dapat membedakan perkara baik dan buruk. Usia yang diperkirakan sudah memiliki sifat mumayyiz adalah usia 5 tahun ke atas. Jadi anak yang sudah berusia 5 tahun ke atas sudah sah melakukan puasa walaupun belum berkewajiban menunaikan ibada puasa.

Niat

Niat merupakan syarat sah dalam berpuasa. Semua ibadah memerlukan niat supaya sah, seperti hadis dari Hafshah, dari Nabi SAW: “Siapa yang tidak membulatkan niat puasanya sebelum fajar, maka puasanya tidak sah.” (HR. Ahmad)

Ibadah Sunnah di Bulan Ramadhan

Shalat Sunnah di Waktu Malam

Sholat sunnah di malam hari saat bulan ramadhan sering dilakukan. Contoh sholat sunnah dibulan ramadhan yaitu sholat tarawih, tahajud, dan sholat sunah lainnya.

Tadarus

Tadarus merupakan membaca Al-Qur’an yang jika dilakukan mendapatkan pahala. Biasanya orang-orang berlomba membaca qur’an bahkan sampai 30 jus dibulan ramadhan.

Sahur sebelum imsak dan Berbuka Secepatnya Ketika Magrib

Diawal puasa biasanya orang-orang menyambut ramadhan dengan penuh semangat tapi di tengah bulan mulai malas untuk sahur cepat-cepat bahkan ashur mendekati imsak, padahal sahur yang baik adalah sebelum imsak datang dan berbuka secepatnya setelah terdengar adzan magrib.

Berbuka Dengan yang Manis

Berbuka yang manis merupakan sunnah dan jika dilakukan lebih baik. Makan yang manis seperti kurma, pisang, dan buah lainnya. Atau bisa dengan air putih saja.

Simpulan

Semua umat islam wajib berpuasa dibulan ramadhan. Dengan mempelajari 5 Syarat wajib puasa Ramadhan yang Harus Dipenuhi di atas, insyaallah puasa yang anda lakukan diterima dan berkah

Aminnn

This website uses cookies.

Read More