Menu Tutup

Kalender Puasa 2020 – Manfaat dan Keberkahan berpuasa

Kalender puasa 2020
Advertisement

Puasa merupakan kegiatan yang memiliki banyak manfaat. Manfaat dari berpuasa meliputi 2 aspek yaitu aspek lahir dan batin. Dengan berpuasa membuat tubuh dan organnya bekerja lebih optimal karena tubuh tidak kemasukan racun-racun yang mengganggu fungsi tubuh. Sementara dalam hal kebatinan, dengan berpuasa bisa melatih kita untuk lebih mengendalikan diri. Diataranya menahan lapar dan menghindari perbuatan yang bisa menyebabkan batalnya puasa.

Di dalam artikel ini Prabu akan membagikan kepada kalian kalender puasa agar kalian tidak kelupaan untuk berpuasa di hari-hari tertentu yang dipercaya memiliki banyak manfaat didalamnya. Perlu diketahui bahwa kalender puasa ini tidak hanya puasa di bulan Ramadhan saja tetapi juga puasa sunah yang apabila kalian mengerjakannya banyak manfaat diyakini akan anda dapatkan.

Puasa apa saja?

Disini prabu akan membagikan kalender puasa selama setahun yakni tahun 2020 baik puasa wajib maupun sunnah. Puasa wajib disini adalah puasa di bulan Ramadhan (sasi pasa), dan puasa sunnahnya ialah puasa senin kamis, puasa Arafah, puasa Tasu’a & Asyuro, dan puasa Ayyamul Bidh.

Puasa senin kamis adalah puasa sesuai Namanya, dilaksanakan setiap hari senin dan kamis. Kemudian puasa Tasu’a dan Asyuro adalah puasa sunnah yang dilaksanakan setiap tanggal 9 dan 10 Muharram (kalender hijriyah). Kemudian apa itu puasa Ayyamul Bidh? Yakni puasa yang dilakukan di 3 hari saat pertengahan bulan hijriyah (tanggal 13, 14, dan 15).

Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan (1 Ramadhan 1441H) di tahun 2020 dimulai dari tanggal 24 April sampai 23 Mei 2020. Namun, di Indonesia terdapat 2 organisasi besar yang berbeda pandangan dalam menentukan hari puasa Ramadhan. Artinya khusus puasa ramadahan di tahun ini bisa saja maju atau mundur dari kalender ini tergantung keputusan pemerintah dan organisasi yang kita anut. Puasa Ramadhan adalah puasa yang wajib untuk umat islam yang memenuhi syarat berpuasa.

Puasa Arafah

Puasa arafah adalah puasa di tanggal 9 Dzulhijjah (30 Juli 2020) yang hukumnya sunnah bagi yang tidak berangkat haji. Keutamaan dari puasa ini adalah puasa Arafah diyakini akan memberikan pengampunan dosa setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya.

Puasa Ayyamul Bidh

Puasa ini  adalah puasa yang dilaksanakan 3 hari setiap tanggal 13, 14, dan 15 kalender hijriyah. Manfaat yang didapatkan jika melaksanakan puasa ini adalah diberikan pahala sepuluh kali lipat. Ini didasarkan hadist riwayat Bukhari-Muslim yang artinya: “Sungguh cukup bagimu berpuasa selama tiga hari dalam setiap bulan, sebab kamu akan menerima sepuluh kali lipat atas setiap kebaikan yang kau lakukan. Maka dari itu, puasa Ayyamul Bidh sama dengan berpuasa setahun penuh,”

Puasa Tasu’a dan Asyuro

Puasa ini bisa dilaksanakan ditanggal 9 dan 10 Muharram (28 – 29 Agustus 2020). Keutamaan dari puasa ini adalah karena puasa ini merupakan puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan. HR. Muslim no. 1163, dari Abu Hurairah “Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah – Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.”.

Kalender Puasa lengkap tahun 2020

Dibawah ini sudah kami siapkan kalender lengkap selama setahun di tahun 2020 beserta keterangan puasa yang wajib dan sunnah untuk dilakukan. Tekan kalender untuk memperbesar. Bila perlu simpan kalendernya agar kalian selalu mengingatnya.

Penutup

Puasa memiliki banyak sekali manfaat. Bahkan semua agama memiliki puasa versi mereka sendiri. Adapun manfaat dari berpuasa sangat banyak, mulai dari lahiriah dan batiniah. Dengan berpuasa kita bisa melatih kesabaran, rasa syukur, mengendalikan emosi dan perasaan dan lain-lain. Oleh sebab itu alangkah baiknya kita melatih diri untuk melaksanakan puasa sebagaimana dianjurkan Nabi dan Rasul agar kita mendapatkan keberkahan dari berpuasa.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *